Langsung ke konten utama

PROSEDUR NEW NORMAL | Implementasi Jasa Event Organizer

Situasi Pandemi COVID-19 yang melanda secara global, pada akhirnya membentuk kehidupan Normal Yang Baru atau diistilahkan dengan NEW NORMAL ini menuntut perubahan perilaku yang mengacu pada protokol kesehatan.
Dalam pelayanan jasa EO MICE, terutama untuk penanganan jasa outing, outbound, meeting, gathering, penyelenggara EO dituntut senantiasa ber inovasi terkait adaptasi prosedur NEW NORMAL yang mengacu pada protokol kesehatan seperti :
  1. MENCUCI TANGAN
  2. HINDARI MENYENTUH WAJAH
  3. MENERAPKAN ETIKA BATUK DAN BERSIN
  4. GUNAKAN MASKER
  5. JAGA JARAK SOSIAL

PROTOKOL KESEHATAN BIDANG EO MICE

Protokol kesehatan terkait penyelenggaraan event ini diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Dalam aturan itu dijabarkan, penyelenggaraan event yang dimaksud adalah seminar, konferensi nasional maupun internasional, perjalanan insentif, konferensi, dan pameran.

Penyelenggaraan event/pertemuan merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mengumpulkan orang-orang di satu tempat, melakukan serangkaian aktivitas yang teratur untuk memperoleh suatu informasi atau menyaksikan suatu kejadian. Jenis-jenis penyelenggaraan event atau kegiatan seperti penyelenggaraan seminar, konferensi nasional maupun internasional, perjalanan insentif, konferensi dan pameran. Kegiatan ini berpotensi terjadinya penularan COVID-19 karena mengumpulkan orang dalam waktu dan tempat yang sama.

Untuk itu perlu dilakukan upaya pencegahan penularan COVID-19 dengan penerapan protokol kesehatan yang diatur di bawah ini. Terhadap event atau kegiatan tertentu yang secara khusus protokol kesehatannya telah diatur maka mengacu pada protokol kesehatan tersebut.
Bagi Pengelola/Penyelenggara/Pelaku Usaha

  1. Memperhatikan informasi terkini serta himbauan dan instruksi pemerintah pusat dan pemerintah daerah terkait COVID-19 di wilayahnya. Informasi secara berkala dapat diakses pada laman https://infeksiemerging.kemkes.go.id, www.covid19.go.id, dan kebijakan pemerintah daerah setempat.
  2. Memastikan seluruh pekerja/tim yang terlibat memahami tentang pencegahan penularan COVID-19.
  3. Memasang media informasi di lokasi-lokasi strategis untuk mengingatkan pengunjung/peserta agar selalu mengikuti ketentuan jaga jarak minimal 1 meter, menjaga kebersihan tangan dan kedisiplinan penggunaan masker.
  4. Menyediakan fasilitas cuci tangan pakai sabun yang memadai dan mudah diakses oleh pekerja/peserta /pengunjung.
  5. Menyediakan hand sanitizer di area pertemuan/kegiatan seperti pintu masuk, lobi, meja resepsionis/registrasi, pintu lift dan area publik lainnya.
  6. Jika pertemuan dilakukan di dalam ruangan, selalu menjaga kualitas udara di ruangan dengan mengoptimalkan sirkulasi udara dan sinar matahari, serta melakukan pembersihan filter AC.
  7. Melakukan pembersihan dan disinfeksi secara berkala (paling sedikit tiga kali sehari) terutama pada pegangan pintu dan tangga, kursi, meja, mikrofon, tombol lift, pintu toilet dan fasilitas umum lainnya.
  8. Larangan masuk bagi pengunjung/peserta/petugas/pekerja yang memiliki gejala demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak napas.
  9. roses pelaksanaan kegiatan:


a) Pre-event/sebelum pertemuan

  1. Tetapkan batas jumlah tamu/peserta yang dapat menghadiri langsung pertemuan/event sesuai kapasitas venue.
  2. Mengatur tata letak (layout) tempat pertemuan/event (kursi, meja, booth, lorong) untuk memenuhi aturan jarak fisik minimal 1 meter.
  3. Sediakan ruang khusus di luar tempat pertemuan/event sebagai pos kesehatan dengan tim kesehatan.
  4. Menyebarkan informasi melalui surat elektronik/pesan digital kepada pengunjung/peserta mengenai protokol kesehatan yang harus diterapkan saat mengikuti kegiatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak minimal 1 meter, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer dan etika batuk dan bersin.
  5. Reservasi/pendaftaran assessment dan mengisi form self risiko COVID-19 secara online (form 1), jika hasil self assessment terdapat risiko besar maka tidak diperkenankan mengikuti acara pertemuan/kegiatan. 
  6. Pembayaran dilakukan secara daring (online).
  7. Untuk peserta/pengunjung dari negeri, penerapan cegah keberangkatan/kedatangan luar daerah/luar tangkal penyakit saat mengikuti ketentuan protokol kesehatan peraturan yang berlaku.
  8. Memastikan pelaksanaan dilakukan oleh semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut termasuk pihak ketiga (vendor makanan/vendor sound system dan kelistrikan/vendor lainnya yang terkait langsung.
  9. Menyediakan alat pengecekan suhu di pintu masuk bagi seluruh pengunjung/peserta/pekerja/pihak lain yang terlibat.
  10. Mempertimbangkan penggunaan inovasi digital dan teknologi untuk mengintegrasikan pengalaman virtual sebagai bagian dari acara/event.
  11. Menginformasikan kepada peserta untuk membawa peralatan pribadi seperti alat sholat, alat tulis dan lain sebagainya.
  12. Menyiapkan rencana/prosedur kesehatan, mitigasi paparan dan evakuasi darurat yang sesuai dengan pertemuan/event yang direncanakan.


b) Ketibaan tamu/peserta

  1. Memastikan semua yang terlibat dalam kegiatan tersebut dalam kondisi sehat dengan melakukan pengukuran suhu tubuh di pintu masuk. Apabila ditemukan suhu > 37,3 derajat C (2 kali pemeriksaan dengan jarak 5 menit), maka tidak diperkenankan masuk ke acara pertemuan/kegiatan.
  2. Memastikan semua yang terlibat tetap menjaga jarak minimal 1 meter dengan berbagai cara, antara lain seperti penerapan prosedur antrian, memberi tanda khusus di lantai, membuat jadwal masuk pengunjung dan dibagi-bagi beberapa gelombang atau pengunjung diberi pilihan jam kedatangan dan pilihan pintu masuk, pada saat memesan tiket, dan lain sebagainya.
  3. Menyiapkan petugas di sepanjang antrian untuk mengawasi aturan jaga jarak, pakai masker, sekaligus sebagai pemberi informasi kepada pengunjung/peserta.


c) Saat tamu/peserta berada di tempat pertemuan/event

  1. Jika menggunakan tempat duduk, kursi diatur berjarak 1 meter atau untuk kursi permanen dikosongkan beberapa kursi untuk memenuhi aturan jaga jarak.
  2. Tidak meletakkan item/barang yang ada di meja tamu/peserta dan menyediakan item/barang yang dikemas secara tunggal jika memungkinkan seperti alat tulis, gelas minum dan lain-lain.
  3. Tidak dianjurkan untuk menyelenggarakan event dengan model pengunjung/penonton berdiri (tidak disediakan tempat duduk) seperti kelas festival dikarenakan sulit menerapkan prinsip jaga jarak.
  4. Penerapan jaga jarak dapat dilakukan dengan cara memberikan tanda di lantai minimal 1 meter.
  5. Jika menyediakan makan/minum yang disediakan diolah dan disajikan secara higienis. Bila perlu, anjurkan tamu/peserta untuk membawa botol minum sendiri, disediakan dengan sistem konter/stall dan menyediakan pelayan yang mengambilkan makanan/minuman.
  6. Bila mungkin, pengunjung disarankan membawa alat makan sendiri (sendok, garpu, sumpit).


d) Saat tamu/peserta meninggalkan tempat pertemuan/event

  1. Pengaturan jalur keluar bagi tamu/peserta agar tidak terjadi kerumunan seperti pengunjung yang duduk di paling belakang atau terdekat dengan pintu keluar diatur keluar terlebih dahulu, diatur keluar baris per baris, sampai barisan terdepan dan lain-lain.
  2. Memastikan proses disinfeksi meja dan kursi serta peralatan yang telah digunakan tamu/peserta dilakukan dengan tingkat kebersihan yang lebih tinggi.
  3. Memastikan untuk menggunakan sarung tangan dan masker saat melakukan pekerjaan pembersihan dan saat menangani limbah dan sampah di tempat pertemuan.
  4. Melakukan pemantauan kesehatan tim/panitia/ penyelenggara.

ARTIKEL BLOG :

Postingan populer dari blog ini

14 TEMPAT WISATA ANAK DI LEMBANG | Penuh Dengan Muatan Edukasi

Tempat Wisata Anak di Lembang. Lembang kini menjadi salah satu wilayah yang menjadi tujuan wisata paling populer di Bandung. Suasananya yang masih asri, udaranya yang sejuk, dan pemandangannya yang indah merupakan senjata Lembang menjadi pusatnya orang-orang untuk liburan. Tidak heran, kini banyak cafe, restaurant, resort di Lembang sampai tempat wisata anak yang populer banyak bermunculan. Berikut ini EO Spinach Indonesia mencoba merangkum destinasi yang ada di Lembang, khususnya tempat wisata di Lembang yang bagus untuk dikunjungi untuk kegiatan keluarga ataupun field trip anak sekolah. 1. FLOATING MARKET Floating Market Lembang merupakan kawasan wisata keluarga yang dibangun dengan mengadopsi pasar apung yang ada di Banjarmasin Kalimantan. Bayangan kita tentunya akan ada aktifitas pasar yang dilakukan di atas perahu dengan menjual sayuran , buah buah sampai ikan segar. Ternyata bayangan ini akan berubah saat kita berkunjung langsung ke lokasi ini. Konsep Floating Mark

9 TEMPAT CAMPING DI LEMBANG | Untuk Paket Outbound Anak Sekolah

School Graduation - Outbound Program SMP 91 JAKARTA OUTBOUND CAMPING DI LEMBANG merupakan salah satu kemasan paket outing Gathering untuk Aanak Sekolah. Kegiatan Camping ini dikemas dalam bentuk paket dan aktifitas outing untuk : Program Libur Anak Sekolah Graduation Party / Program Kelulusan Sekolah. Farewell Party / Program Perpisahan Sekolah. baca juga :  Paket Character Building untuk Sekolah Field Trip Sekolah TEMPAT CAMPING ANAK SEKOLAH DI LEMBANG Acara outing sekolah baik untuk kegiatan outbound atau field trip ataupun kegiatan pelatihan penerimaan siswa baru, opsi penginapan tenda menjadi salah satu pilihan. Lalu dimanakan tempat outbound camping di Lembang yang cocok untuk kegiatan anak sekolah? Berikut ini EO Spinach Indonesia memberikan gambaran beberapa lokasi atau tempat Camping yang ada di Lembang Bandung. 1. Taman Wisata Grafika Cikole Tempat Camping di Taman Wisata Grafika Cikole ini direkomendasikan untuk anda yang ingin mendapatkan fa

PAKET PAINTBALL LEMBANG | Harga dan Lokasi Ter Update

Paket Paintball Lembang | harga dan Lokasi Ter Update. Permainan simulasi tempur saat ini sangat marak, permainan game online mobile legend di PC atau handphone banyak digandrungi oleh masyarakat mulai usia anak-anak sampai dewasa banyak yang mengenal permainan mobile legend ini. Permainan sejenis adalah PUBG , FREE FIRE merupakan aplikasi permainan game online yang banyak dikenal di dunia. Methode permainan simulasi tempur ini dimainkan secara beregu/berkelompok. permainan dengan muatan strategi ini tetap memerlukan komunikasi antar pemain. Segala trik permainan dioptimalkan agar menjadi pemenang. SIMULASI PERANG DENGAN OUTBOUND Simulasi perang dalam permainan aplikasi android atau komputer di atas, apakah bisa sama saat berada di medan permainan dunia nyata ? Paintball game merupakan salah satu kemasan outbound simulasi perang yang dilaksanakan sebagai pengisi aktifitas outing gathering. Selain sebagai media refreshing, jenis permainan paintball ini dapat juga dikem

25 TEMPAT WISATA DI PURWAKARTA | Untuk Acara Outing Outbound

Tempat Wisata di Purwakarta. Dulu, Purwakarta lebih dikenal dengan sebutan Kota Pensiun. Hal ini karena suasana kotanya yang terasa tenang dan jauh dari hiruk pikuk khas kota besar. Tapi kini, citra Purwakarta sudah berubah menjadi kota pariwisata tak kalah dengan tetangganya, yaitu Lembang dan Bandung. Saat ini, kota Purwakarta memiliki daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Bukan hanya kuliner sate maranggi-nya saja , namun juga karena semakin banyak destinasi wisata yang dapat diexplore sebagai tempat outing outbound. Kalau Anda belum pernah ke Purwakarta, inilah saatnya menikmati keindahan alam dan beragam wisata edukasi yang cocok untuk anak-anak. Berikut ini kami sudah kumpulkan tempat-tempat wisata outbound di Purwakarta yang wajib kamu kunjungi selama di Purwakarta; dan dapat dikemas berikut jasa Event Organizer (EO) dan penyedia outbound di Purwakarta yang berpengalaman menangani kegiatan wisata outing untuk Company Gatherin, Family Gathering atau Acara Outbound

PAL 16 CIKOLE | Tempat Outbound di Lembang

Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16 merupakan tempat wisata outbound di Bandung yang jadi buruan wisatawan adalah keindahan alamnya yang masih natural, berhawa sejuk yang terletak di jalan raya tangkuban perahu lembang. LOKASI REST AREA JALUR TANGKUBAN PERAHU Bagi wisatawan yang berkunjung ke Tangkuban Perahu dan memerlukan tempat isitirah terdekat,  tersedia Objek Wisata Alam PAL 16  Cikole Lembang. Bisa jadi tempat wisata hutan pinus Cikole Lembang | PAL 16 ini menambah perbendaharaan lokasi outbound di Lembang dengan konsep wisata Lembang Jungle Discovery selain : - Taman Wisata  Grafika Cikole Lembang - Orchid Forest Cikole Lembang - Zona 235 Cikole Lembang - Cikole Jayagiri - Green Grass Cikole - Bandung Tree Top Adventure Park Baca juga : 20 Tempat Outbound di Lembang Kegiatan apa saja yang dapat dioptimalkan untuk Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang pal 16 ini untuk melengkapi outbound Lembang? Apakah hanya sekedar tempat transit pengunjung

INDUSTRI MICE , SEBAGAI PELUANG USAHA MENJANJIKAN

Apa itu MICE? ( SUMBER : http://infodanpengertian.blogspot.co.id ) Penjelasan Tentang MICE MICE adalah singkatan dari Meeting, Incentive, Convention, Exhibition. MICE adalah jenis kegiatan yang terdapat dalam industri pariwisata, kegiatan ini telah di rencakanan secara matang oleh suatu kelompok atau kumpulan orang yang memiliki kesamaan tujuan dalam penyelenggaran kegiatan tersebut. Dunia MICE merupakan dunia bisnis yang sangat menjanjikan namun masih sangat baru dalam masyarakat karena belum banyak memiliki peminat seperti bisnis lainnya.  Mengingat masih kurangnya pengetahuan tentang MICE di Indonesia. Berikut dijelaskan pengertian MICE menurut para pakar:  Menurut Pendit (1999:25) , MICE diartikan sebagai wisata konvensi, dengan batasan: usaha jasa konvensi, perjalanan insentif, dan pameran. Merupakan usaha dengan kegiatan memberi jasa pelayanan bagi suatu pertemuan sekelompok orang (negarawan, usahawan, cendikiawan dsb) untuk membahas masalah-mas

10 REKOMENDASI TEMPAT MAKAN DI GARUT

Tempat Makan di Garut yang di rekomendasikan . Kegiatan outing tentunya tidak akan lepas dari wisata kuliner. Tempat makan seperti restaurant dan tempat oleh oleh pasti diburu dan menjadi agenda selepas acara Company Gathering, Family Gathering atau Piknik Sekolah. Kira kita dimana saja tempat makan berupa restaurant atau pondok makan di Garut yang enak, yang murah dan nyaman saat berkumpul dengan rekan kantor atau sekolah ? 10 REKOMENDASI TEMPAT MAKAN DI GARUT Garut merupakan salah satu wilayah Jawa Barat yang memiliki tempat wisata menarik. Wisata alamnya yang beragam juga sepadan dengan wisata kulinernya yang tak kalah variatif. Makanan cita rasa khas Sunda yang segar dan nikmat wajib Anda eksplorasi jika berkunjung ke Garut. baca juga : Tempat Wisata di Garut Tak kalah menarik adalah menu makanan yang bermacam-macam sehingga bisa memuaskan selera kuliner Anda. Banyaknya kuliner dan tempat makan di Garut mungkin membuat Anda kebingungan. Berikut adalah 10 tempat makan ter

KAMPUNG 1000 KAKTUS DI LEMBANG | Outbound Wisata Agro Bandung

Kampung 1000 Kaktus di Lembang . Lembang Bandung sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia banyak menawarkan jenis paket wisata dan outbound. Sebut saja wisata belanja, wisata alam, wisata budaya, ekowisata, agrowisata, wisata sejarah dsb banyak tersedia di Lembang Bandung; bahkan banyak yang belum tergali. Untuk kegiatan outbound di Lembang bnyak ragamnya, seperti paintball, rafting, offroad, dsb Kemasan konsep wisata outbound yang belum banyak mempublikasikan adalah konsep ekowisata dan agrowisata berbasi pengembangan masyarakat. OUTBOUND DI WISATA KAMPUNG KAKTUS Salah satu tempat wisata outbound kemasan berbeda, saat ini sedang dikembangkan berupa Wisata Outbound Kampung Kaktus Lembang.  Kegiatan outbound berupa Eko Wisata dan Agro Wisata di Kampung Cikidang Langensari Lembang Bandung ini, pada awalnya dikembangkan pada 2007 melalui kemasan program studi banding dari beberapa perusahaan besar di Indonesia dengan fasilitator EO Spinach Indonesia. Penamaan Kampung 1000

Hotel Lembang Bandung | Kampoeng Legok dan Hotel Bukit Vipassana Lembang Bandung

Untuk pilihan lokasi penginapan dengan harga relatif murah namun memiliki fasilitas lengkap, kami tawarkan di Hotel Kampoeng Legok dan Hotel Bukit Vipassana Lembang Bandung. Lokasinya berada di Parongpong Lembang Bandung dan mudah dijangkau karena berada di tepi jalan Lembang - Parongpong. Hotel Kampoeng Legok dan Hotel Bukit Vipassana Lembang, memiliki jumlah kamar yang cukup memadai untuk peserta cukup besar. Dengan total jumlah kamar mencapai 200 unit, area hotel di Lembang Bandung ini mampu menampung jumlah peserta sampai dengan 800 orang dengan penempatan kamar diisi secara maksimum. Kawasan penginapan ini merupakan satu konsep akomodasi terpadi / integrated dengan konsep alam yang menawarkan berbagai fasilitas pendukung seperti :   Jenis kamar resort di Hotel Kampoeng Legok Lembang Jenis kamar room di Hotel Bukit Vipassana Lembang bandung Jasa EO Gathering di Bandung / Jasa Eo Outbound di Bandung Program Fun Games Program Team Building Program Ou

CIKOLE JAYAGIRI | Tempat Outbound di Lembang

Cikole Jayagiri Lembang . Pernah dengar tempat outbound Bandung Tree Top di Lembang? atau BUPER CIKOLE, Bumi Perkemahan Cikole? Kalau anda mencari kawasan outbound yang pernah ada di Lembang Bandung dengan permainan di atas ketinggian ( highrope) ini dan dikemal dengan tempat camping di Lembang, lokasi ini sekarang namanya Cikole Jayagiri. Tempat wisata outbound Cikole Jayagiri Lembang Bandung yang dikelola perhutani ini menawarkan beberapa pilihan paket di alam terbuka untuk Company Gathering, Family Gathering ataupun acara sekolah / Field Trip yang dikemas dengan konsep outbound wisata hutan pinus.   Melengkapi pilihan tempat wisata Cikole Jayagiri di Bandung, tempat outbound di Bandung  ini sudah tersedia fasilitas ruang meeting serta area gathering berupa fasilitas yang mampu menampung peserta sampai dengan 100 orang serta berbagai fasilitas menarik lainya seperti Blok Area Outbound, Camp Park, Area Camping serta Bale Caang untuk kegiatan event, gathering, pernikahan, dsb