Langsung ke konten utama

SEJARAH OUTBOUND RAFTING ATAU ARUNG JERAM

SEJARAH OUTBOUND RAFTING ATAU ARUNG JERAM
Sejarah Outbound Rafting atau Arung Jeram. Arung jeram alias rafting yang saat ini populer sebagai salh satu pelengkap aktiftas outing outbound gathering memiliki perjalanan sejarah yang cukup menarik.

SEJARAH RAFTING DUNIA

Arung Jeram atau rafting dapat dikategorikan sebagai olah raga petualangan atau lebih tepatnya jenis Olah Raga Arus Deras (ORAD), karena tidak saja mengandung unsur olahraga, tetapi juga petualangan dengan berbagai resikonya.

SEJARAH OUTBOUND RAFTING ATAU ARUNG JERAM
Rafting atau Arung Jeram termasuk salah satu kegiatan alam terbuka yang baru, dibandingkan dengan mendaki gunung ataupun olahraga-olahraga alam terbuka lainnya.
Tidak banyak catatan yang dapat dibuka untuk mengetahui asal mula olah raga ini. Yang pasti olah raga ini dimulai di Amerika Serikat, setelah perang dunia II, ketika beberapa orang enterpreneur menyusuri sungai Colorado dengan perahu jenis Pontoon sisa perang dunia.
Kemudian perkembangannya menjadi pesat di tahun 60-an ketika teknologi rancangan dan bahan untuk membuat perahu seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang.

Pengarungan sungai telah sejak dulu dilakukan oleh manusia. Pengarungan ini dilakukan dengan menggunakan batang-batang kayu yang dirangkai menjadi rakit dan digunakan sebagai alat transportasi. Suku Indian di Canada telah memulai perkembangannnya. Lalu orang-orang Carib Indian mengembangkannya dan menamakan Progue.

SEJARAH OUTBOUND RAFTING ATAU ARUNG JERAM

Sedangkan orang primitif menyebutnya dengan Out Canoe yang kemudian dikembangkan menjadi Bark Out Canoe.
Perahu ini dibuat dari tempelan papan kayu oleh orang Indian Amerika Utara. Sedangkan orang Eskimo menciptakan Skin Corveal Craft, yaitu perahu yang dilapisi kulit binatang yang tidak tembus air.

Pada abad 19 seorang boyscout bernama Mc Greegor membuat kendaraan air ini untuk rekreasi dan olag raga air.
Seiring dengan perkembangan zaman, maka meterial perahu pun berkembang dan mulai beralih ke plastik, alumunium, fibberglass, dan karet.
Setelah Perang Dunia II selesai, perahu bekas Angkatan Laut Amerika mulai digunakan oleh para petualang untuk mengarungi sungai.
Arung jeram atau rafting ini dilakukan dengan perahu bulat yang disebut dengan Basket Boat, karena bentuknya mirip keranjang.

Di tahun 1950, kegiatan ini mulai banyak digemari. Maka mulailah diproduksi perahu khusus untuk arung jeram atau rafting dengan bentuk khusus yang naik dibagian depan dan belakangnya, dengan material yang kuat dan dapat mengangkut orang dan perbekalan yang lebih banyak.

Pada tahun 1983 mulai muncul sebuah perahu yang dapat mengeluarkan air sendiri dari dalam perahu dengan nama Self Bailer yang diproduksi oleh Jim Cassady.
Selain jenis ini ,dikembangkan pula perhu jenis Kataraf. Perahu ini dikembangkan oleh para Geologi Rusia.
Desain perahu ini diadopsi dari perahu Katamaran yang digunakan di Laut.

Seiring dengan perkembangan zaman dan kreatifitas manusia di alam ini, mulailah bermunculan sarana-sarana baru untuk kegiatan berarung jeram seperti, kayak,canoe, board, dan lain sebagainya.

SEJARAH OUTBOUND RAFTING ATAU ARUNG JERAM

Mayor John Wesley Powell seorang tentara Amerika disebut sebagai Bapak Arung Jeram Dunia. Ia memperkenalkan arung jeram pertama kali dengan menyusuri sungai Colorado sejauh 250 mil yang melintasi gugusan tebing raksasa, yang kemudian diberi nama Grand Canyon.

SEJARAH OUTBOUND RAFTING ATAU ARUNG JERAM

Saat itu ia menggunakan perahu kecil yang tesusun dari papan kayu. pada perkembangan selanjutnya di benua Amerika dan Eropa, aktifitas menelusuri sungai tersebut ternyata berkembang menjadi sebuah olah raga highrisk yang cukup populer, dan dikenal dengan sebutan white water rafting.

SEJARAH RAFTING INDONESIA

Petualangan sungai di Indonesia dengan rafting / arung jeram dimulai sekitar awal tahun 1970-an dengan istilah olah raga arus deras (ORAD).
Dipelopori oleh rekan-rekan pecinta alam dari Bandung dan Jakarta, olah raga ini kemudian menjadi salah satu olah raga petualangan yang paling diminati para pecinta alam.

Pada tahun 1975, salah satu kelompok pencinta alam menggelar Citarum Rally.
Sekitar tahun 1975, kelompok pencinta alam mengembangkan juga olah raga ini dengan ekspedisi melintas Sungai Mahakam dan Sungai Barito, bersama dengan Frank Morgan, seorang pengacara profesional. Kelompok ini juga melaksanakan ekspedisi ke Sungai Alas.

Perahu dan peralatan yang dipakai mulai meningkat kwalitasnya, dimulai dari ban dalam, perahu LCR tentara, sampai perahu karet khusus Sungai (River Raft), juga perahu Kayak.
Hal ini mendorong Arung Jeram tumbuh cukup pesat, dan menarik minat para pengarung jeram untuk mengarungi sungai-sungai di daerah yang jauh dan penuh tantangan. Sungai Mahakam, Barito, Alas , Mamberamo dan Van Der Wall, kemudian juga diarungi.

Di Pulau Jawa banyak sungai yang biasa diarungi. Citarik, Cimandiri, Citatih, dan Cimanuk di Jawa Barat.
Jawa Tengah memiliki sungai Progo, Serayu dan Elo yang biasa diarungi.
Jawa Timur memilki sungai Ireng-ireng di lereng Gunung Semeru, yang cukup menantang.

Arung Jeram terus berkembang dengan cukup pesat. Namun, seiring dengan perkembangannya beberapa kecelakaan yang merenggut nyawa juga menjadi bagian dari sejarah perkembangan arung jeram Indonesia.

Telah beberapa kali diadakan kejuaraan arung jeram oleh beberapa perkumpulan di Indonesia, tetapi belum terdapat standard baku baik tentang penyelenggaraan, peralatan maupun penilaiannya.

Pada tahun 1994 diadakan Kejuaraan Nasional Arung Jeram yang agak resmi di Sungai Ayung, Ubud-Bali. Di kejuaraan ini diterapkan standard penyelenggaran internasional, baik perlengkapan, materi lomba maupun perlengkapan dan penjuriannya. Kegiatan inilah yang kemudian dianggap pemicu kebangkitan Arung Jeram di Indonesia.

Secara komersial wisata Arung Jeram diperkenalkan oleh SOBEK EXPEDITION yang kemudian membuka wisata Arung Jeram di Sungai Ayung Bali, sungai Alas di Aceh , sungai Saadan – Toraja, Sulawesi Selatan dan Citarik Jawa Barat.

Saat ini sudah banyak operator wisata Arung Jeram, baik di Jawa, Bali, Sumatera Barat, Aceh dan Sulawesi Utara.

Dengan berkembangnya wisata Arung Jeram atau Rafting ini, maka saat ini Arung Jeram telah menjadi olah raga petualangan sekaligus wisata dan rekreasi keluarga, siap menantang siapa saja yang ingin menikmati pengalaman baru, dan bukan lagi hanya kegemaran dari para petualang sejati.

Dengan banyaknya potensi sungai di Indonesia yang dapat dikembangkan sebagai sarana wisata Arung Jeram, sementara disisi lain terdapat keterbatasan sumberdaya manusia dibidang ini yang belum terjembatani. Hal ini merupakan peluang dan tantangan tersendiri bagi para penggiat Arung Jeram di indonesia, untuk meningkatkan kualitas diri di bidang Arung Jeram.

Dunia arung jeram atau rafting di Indonesia sedang mengalami perkembangan yang pesat pada saat ini.
Banyak sekali bermunculan perkumpulan-perkumpulan arung jeram maupun dibentuknya divisi-divisi baru khusus arung jeram pada perkumpulan pencinta alam yang sudah ada.
Demikian juga dengan tumbuhnya industri wisata Arung Jeram atau Wisata Rafting, yang memacu kegairahan berbagai kelompok masyarakat untuk ikut menikmati Arung Jeram.

Tumbuhnya industri wisata arung jeram ini sayangnya tidak diimbangi dengan Standar Pelayanan dan Keselamatan Wisata Arung Jeram, karenanya seiring makin banyaknya peminat wisata, timbulnya korban juga bertambah. Kecelakaan arung jeram yang menimpa Kepala Divisi Komunikasi BPPN Raymond van Beekum lantaran tersapu air bah di sungai Cisedane, Bogor, sempat mengguncang bisnis wisata arung jeram di Jawa Barat selama lebih dari 1 (satu) tahun, karena luasnya liputan media massa. Dibentuknya Asosiasi Pengusaha Arung Jeram (IWA Indonesia White Water Association) diharapkan menjadi mitra bagi FAJI, untuk ikut membangun dunia arung jeram Indonesia yang aman dan berprestasi international.

Itulah ulasan tentang sejarah arung jeram atau rafting di dunia dan di Indonesia sebagai perbendaharaan kita.
baca juga :

JASA EO BANDUNG UNTUK OUTBOUND TRAFTING ATAU ARUNG JERAM

Jasa Event Organizer yang berpengalaman kami sediakan untuk anda dengan membuat paket outing outbound gathering untuk kegiatan rafting atau arung jeram yang mengoptimalkan Tempat Wisata Outbound ini berupa PAKET AKTIFITAS OUTBOUND seperti : Fun Games, Team Building, Character Building, Offroad, Paintball, Airsoft Gun, Rafting, Treasure Hunt, Konservasi, Ekowisata, dsb yang ter-integrasi dengan PAKET GATHERING  serta paket lainnya berupa :
FOLLOW :
Instagram : spinachID
Youtube : Spinach Indonesia

Postingan populer dari blog ini

Event Organizer untuk Acara Outbound di Bandung

Bandung merupakan salah satu kota destinasi wisata terkenal yang ada di Indonesia, Pilihan penginapan dan aktifitas tersedia beragam untuk kegiatan Gathering Meeting Outbound kemasan dari Tour & EO Outbound di Bandung. Beberapa pilihan hotel maupun tempat aktifitas dan paket outbound di Bandung kami tawarkan menyesuaikan konsep kegiatan Gathering Outbound yang diinginkan. Event Organizer Paket Outbound di Bandung yang menerapkan sistim Butler Service Konsep Butler Service memberikan rasa nyaman dan kekeluargaan lebih hangat. Sistim pendampingan diterapkan dengan jumlah pemandu disesuaikan dengan total peserta Tour & EO Outbound Spinach Indonesia yang berbasis di Bandung, menerapkan sistem BUTLER SERVICE dalam pelayanan jasa sebagai organizer. Sistim jasa pelayanan yang biasanya diterapkan di industri pariwisata ini,  memberikan rasa nyaman bagi panitia penyelenggara maupun peserta  yang menyelenggakan acara Gathering, Outing atau Outbound di Bandung. Konsep bu

COMPANY GATHERING PACKAGE

Company Gathering Johnson & Johnson ASEAN di Cikole Lembang Bandung Company Gathering . Saat ini sudah menjadi agenda khusus bagi beberapa perusahaan / kantor menyelenggarakan acara mereka dilakukan dengan perjalanan ke luar kota ataupun kegiatan outbound dengan tujuan memberikan penghargaan / incentive kepada karyawan, atau menyelenggarakan kegiatan pertemuan / meeting yang dikemas dengan konsep refreshing berupa wisata outbound. Salah satunya dengan penyelenggaraan Outing Company Gathering JASA EO UNTUK COMPANY GATHERING Untuk mengoptimalkan kegiatan Company Gathering ini, tentunya kontribusi dari event organizer atau EO akan memberi warna lain melalui penyusunan konsep yang baik dan terstruktur sehingga acara Company Gathering dapat terselenggara dengan baik. Company Gathering merupakan salah satu kemasan paket yang ditawarkan oleh EVENT ORGANIZER SPINACH INDONESIA dengan beberapa kemasan acara seperti : Meeting / Workshop / Seminar Capacity Building / Team Buil

PAKET OUTBOUND SEKOLAH

Proses belajar mengajar di Sekolah tidak hanya dilakukan di dalam ruang. Interaksi antara teman belajar dan guru yang dilakukan saat berada di lingkungan sekolah dipandang perlu untuk dikombinasikan dengan proses pembelajaran di luar sekolah melalui beberapa kemasan program seperti praktek kerja lapangan (PKL), Kunjungan Lapangan, Studi Tour, Studi Wisata, Field Trip, dsb KEGIATAN BELAJAR MELALUI KONSEP OUTBOUND Kegiatan perjalanan ke tujuan wisata untuk anak sekolah dapat dikemas juga berupa paket kegiatan pembelajaran dengan aktifitas pengenalan alam, lingkungan dan masyarakat. Salah satu dikembangkan oleh EO Spinach Indonesia yang memiliki konsep pengembangan masyarakat secara umum, termasuk sektor pendidikan. Untuk paket eksklusif OUTBOUND Anak Sekolah dikemas dengan konsep Ekowisata atau Wisata Kampung. Paket khusus anak sekolah ini dikemas dengan methoda menstimulasi secara tidak langsung bagi siswa/pelajar dikorelasikan pada mata pelajaran di kelas sekaligus mensti

Gathering Outing Outbound dengan Konsep Pantai di Tanjung Lesung

TANJUNG LESUNG , merupakan kawasan wisata pantai exclusive di daerah Pandeglang, Banten. Kawasan yang akan dikembangkan menjadi salah satu destinasi Kawasan Ekonomi Khusus di bidang wisata di Indonesia, dengan area seluas 1500 ha ini,  akan memberikan kenyamanan bagi Anda saat beraktiftas wisata outing outbound gathering disini. Anda akan merasakan privacy dan exclusive tanpa terganggu oleh pengunjung lokal ataupun pedagang saat beraktiftas outbound dan gathering di villa / hotel resort pantai Tanjung Lesung. Dibangun pada 1998, Tanjung Lesung Beach Hotel adalah pelengkap yang nyata di Anyer dan pilihan cerdas bagi para wisatawan. Dari sini, para tamu dapat menikmati akses mudah ke semua hal yang dapat ditemukan di kawasan wisata terpadu ini. Lingkungan yang terawat dengan baik serta lokasi  berdekatan dengan Pulau Umang memberikan nilai tambah untuk hotel ini. Management SPINACH INDONESIA, sebagai salah satu provider outbound, gathering dan event organizer menawarkan de

Hotel Lembang Bandung | Kampoeng Legok dan Hotel Bukit Vipassana Lembang Bandung

Untuk pilihan lokasi penginapan dengan harga relatif murah namun memiliki fasilitas lengkap, kami tawarkan di Hotel Kampoeng Legok dan Hotel Bukit Vipassana Lembang Bandung. Lokasinya berada di Parongpong Lembang Bandung dan mudah dijangkau karena berada di tepi jalan Lembang - Parongpong. Hotel Kampoeng Legok dan Hotel Bukit Vipassana Lembang, memiliki jumlah kamar yang cukup memadai untuk peserta cukup besar. Dengan total jumlah kamar mencapai 200 unit, area hotel di Lembang Bandung ini mampu menampung jumlah peserta sampai dengan 800 orang dengan penempatan kamar diisi secara maksimum. Kawasan penginapan ini merupakan satu konsep akomodasi terpadi / integrated dengan konsep alam yang menawarkan berbagai fasilitas pendukung seperti :   Jenis kamar resort di Hotel Kampoeng Legok Lembang Jenis kamar room di Hotel Bukit Vipassana Lembang bandung Jasa EO Gathering di Bandung / Jasa Eo Outbound di Bandung Program Fun Games Program Team Building Program Ou

FAMILY GATHERING PACKAGE

FAMILY GATHERING Acara wisata outing outbound perusahaan / kantor kadang membawa anggota keluarga , pasangan serta anak-anak. Konsep Outing ini biasa dikemas berupa Paket Family Gathering . Tujuan dari kegiatan Family Gathering ini selain sebagai penghargaan dari management perusahaan kepada karyawan; sekaligus untuk membangun komunikasi dan silaturahmi antar keluarga karyawan. EVENT ORGANIZER SPINACH INDONESIA  menawarkan paket spesial OUTIING OUTBOUND GATHERING berupa paket lengkap dengan aktifitas outbound untuk kegiatan Family Gathering dengan pilihan konsep :  "Fun Family Day" , dengan pilihan : - Paket Tanpa Menginap - Paket Berikut Menginap BUTLER SERVICE Penanganan Program Family Gathering , kami kemas dengan konsep khusus. Untuk peserta Dewasa dan peserta Anak-Anak akan didampingi oleh pemandu khusus, sehingga kegiatan dapat optimal (orang tua tetap dapat beraktifitas). Untuk mengoptimalkan service butler service ini, EO SPINACH INDONESIA didukung ol

SPINACH INDONESIA | EO OUTBOUND GATHERING DI BANDUNG

Jasa EO di Bandung - Berawal dari  EO di Tanjung Lesung pada 2005 untuk kegiatan Gathering, Outing, Outbound, Meeting sampai dengan Launching Product, kemudian mulai mengembangkan jasa eo di Bandung tahun 2007. Dalam perjalanan yang bersifat dinamis , managemet kami telah melalui berbagai perubahan menuju perbaikan dan telah dipercayai banyak perusahaan atau organisasi untuk melaksanakan acara kebanggaan mereka. Ini merupakan penghargaan terbaik sebagai penyedia jasa eo di Bandung selama ini. Untuk tetap menjadi kepercayaan dan menjaga eksistensi sebagai penyedia jasa eo di Bandung yang profesional pada akhirnya berubah nama menjadi Spinach Indonesia sampai saat ini. Akhirnya lahir beberapa perusahaan mandiri & profesional di bidang Tour & Event Organizer. Kami akan terus berkembang dan tetap akan menjadi yang terbaik melalui penyedia jasa eo di Bandung dengan bendera SPINACH INDONESIA . KONSEP BUTLER UNTUK JASA EO SPINACH INDONESIA, berkomitment memberikan layanan t

KAMPUNG 1000 KAKTUS DI LEMBANG | Outbound Wisata Agro Bandung

Kampung 1000 Kaktus di Lembang . Lembang Bandung sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia banyak menawarkan jenis paket wisata dan outbound. Sebut saja wisata belanja, wisata alam, wisata budaya, ekowisata, agrowisata, wisata sejarah dsb banyak tersedia di Lembang Bandung; bahkan banyak yang belum tergali. Untuk kegiatan outbound di Lembang bnyak ragamnya, seperti paintball, rafting, offroad, dsb Kemasan konsep wisata outbound yang belum banyak mempublikasikan adalah konsep ekowisata dan agrowisata berbasi pengembangan masyarakat. OUTBOUND DI WISATA KAMPUNG KAKTUS Salah satu tempat wisata outbound kemasan berbeda, saat ini sedang dikembangkan berupa Wisata Outbound Kampung Kaktus Lembang.  Kegiatan outbound berupa Eko Wisata dan Agro Wisata di Kampung Cikidang Langensari Lembang Bandung ini, pada awalnya dikembangkan pada 2007 melalui kemasan program studi banding dari beberapa perusahaan besar di Indonesia dengan fasilitator EO Spinach Indonesia. Penamaan Kampung 1000

AKTIFITAS FUN GAMES UNTUK GATHERING

Membangun Kebersamaan Fun Games merupakan kemasan permainan yang dikemas untuk membangun kebersamaan sekaligus menghangatkan suasana antar peserta. Kegiatan Fun Games ini diarahkan oleh master games berupa simulasi dengan atau tanpa menggunakan peralatan. Konsep permainan dapat disesuaikan dengan kebutuhan acara, baik untuk acara Perusahaan, Sekolah mapun Organisasi. Program Paket dan Aktifitas Fun Games ini dapat juga diaplikasikan untuk kegiatan Gathering Outbound seperti : Company Gathering,  Family Gathering,  Acara Field Trip Sekolah Employee Gathering,  Reuni,  Arisan,  Ulang Tahun; serta  Acara formal lainnya seperti workshop atau meeting FUN GAMES 3 MENIT Dengan tujuan menghilangkan rasa jenuh serta meleburkan kebekuan komunikasi. Fun Games untuk kegiatan meeting / workshop biasanya ditempatkan sebelum acara berlangsung atau disisipkan saat istirahat berupa simulasi Ice Breaking. Fun Games Outbound dengan Konsep Outdoor Fun Games Outbound dengan Ko

EO GATHERING OUTBOUND DI BANDUNG

EO Bandung . Sebagai salah satu provider tour & event organizer yang berbasis di Bandung, SPINACH INDONESIA mulai terjun secara profesional pada bidang Gathering dan Outbound;  sebagai bentuk diversifikasi usaha, secara bertahap menangani EO MICE dengan beberapa pengembangan paket yang lebih luas dan beragam. SPINACH INDONESIA | EVENT ORGANIZER - OUTBOUND - GATHERING - MICE Lingkup operasional melayani jasa Event Organizer / EO untuk seluruh Indonesia, seperti di Lembang, Cirebon, Majalengka, Tegal, Pangalengan, Pangandaran, Garut, Bogor, Jakarta, Pulau Seribu, Tanjung Lesung, Bali, Lombok, serta kota pilihan lainnya di Indonesia. LINGKUP KERJA EO SPINACH INDONESIA : EO Gathering,  EO Outbound,  EO Meeting,  EO Wedding (WO) Thematic,  Entertainment,  Charity Program,  MC/Host.  Artis Management,  Talent Management,  Exhibition,  Seminar,  Workshop, dll Dengan pengalaman lebih dari 5 tahun dalam melayani jasa event organizer Outbound Gathering di daerah